Tanggung Jawab Sosial Dalam Fotografi (Part 2)

Nah di bagian ini kita akan membahas apa yang bisa kita lakukan sebagai fotografer?

Fotografi memiliki kekuatan yang besar, mulai dari meningkatkan kepedulian masyarakat, menghasilkan uang, mempromosikan pariwisata, atau bahkan mengubah arah dari suatu kejadian, dan pastinya fotografi bisa menjadi jendela untuk melihat dunia.

Banyak kali yang terjadi seperti cerita ini. Michael Kenna memotret sebuah pohon di tengah sawah seorang petani di Hokkaido yang disebut dengan Pohon Orang Bijak. Akhirnya demi mendapatkan keindahan pohon tersebut banyak fotografer yang datang dan mau mengambil foto pohon tersebut. Akhirnya diberikan sebuah penanda di sawah tersebut agar orang-orang yang memotret dari jalan tidak masuk ke sawah. Tapi para fotografer tidak mau memperhatikan, akhirnya petani tersebut menebang pohon itu untuk menjaga kelestarian lingkungannya. Kita jangan sampai seperti itu yak Sob, bukannya membantu melestarikan malah merusak.

Photo by : Michael Kenna

Mungkin banyak dari kita yang berkata, tapi kan ga semua fotografer punya ketenaran, uang, dan sumber daya untuk membiayai atau memberikan sesuatu yang berharga. Memang benar, tapi kamu bisa melakukan banyak hal kog selain memberikan sesuatu berupa materi. Semua dari kita bisa membuat perubahan. Kamu bisa coba untuk bekerja sama dengan sebuah komunitas misalnya untuk menyumbangkan hasil fotomu yang bisa membuat masyarakat lebih aware dengan isu lingkungan yang ada. Kreatifitas sekecil apapun sangat berarti. Waktu, empati, dan rasa adalah penghargaan yang bisa diberikan seorang fotografer. Jangan cuma mengambil, tapi juga memberi :)

Fotografer Jepang, Kenro Izu, mendirikan dua rumah sakit anak di Kamboja serta Laos
Source : https://www.bbc.com/