Sumber Cahaya Pada Fotografi

Cahaya merupakan elemen penting dalam fotografi karena fotografi merupakan teknik melukis cahaya. Sumber cahaya yang digunakan dapat berbagai macam, dan kualitasnya pun berbeda-beda. Untuk menggunakan cahaya dengan maksimal juga diperlukan teknik agar hasilnya juga maksimal. Dalam melihat kualitas cahaya yang terpenting adalah highlight dan shadow karena berpengaruh dengan arah cahaya. Ada beberapa arah cahaya :

1. Front Light - Cahaya berada di depan objek sehingga bagian depan objek mendapatkan cahaya penuh

2. Oval Light - Cahaya berada pada 3/4 objek sehingga terbentuk sedikit bayangan pada objek.

3. Side Light - Cahaya berada pada samping objek sehingga bayangan dan bagian terang akan terbagi menjadi dua sisi yang berlawanan.

4. RimLight - Cahaya berada pada bagian belakang dengan sudut 1/4 objek sehingga bagian depan objek gelap dan ada cahaya pada tepi objek.

5. Back Light - Cahaya berada pada belakang objek sehingga bagian depan objek gelap dan ada garis cahaya tegas pada bagian belakang objek.

Source : https://www.sentradigital.com/memahami-tehnik-dasar-pencahayaan-atau-lighting_informasi

Sumber cahaya ada 3 macam yaitu available light, artificial light, dan mix light.

1. Available Light

Cahaya yang biasanya berasal dari cahaya matahari. Biasanya cahaya ini tidak bisa diatur besar kecilnya dan arah sinarnya. Matahari, lampu kota, lampu panggung termasuk dalam cahaya jenis ini.

2. Artificial Light

Cahaya yang dengan sengaja dibuat dan kamu dapat mengatur besar kecil dan arah cahayanya sesuai dengan kebutuhan. yang termasuk cahaya jenis ini adalah lampu studio, flash, senter.

3. Mix Light

Kadang kala kamu dapat menggabungkan 2 jenis cahaya di atas ke dalam satu foto. Misalnya kamu dapat menggabungkan cahaya matahari dengan lampu ruangan, juga beberapa artificial light seperti lampu studio dengan flash.