Suka Dilupakan Saat Foto Potrait

Buat Sobat KEE yang suka foto potrait, beberapa hal ini mungkin kamu suka lupa. Yuk sama-sama diingatin lagi..

1. Membuat aktifitas

Kamu bisa membantu mengarahkan subjek untuk membuat aktifitas kecil, seperti berjalan sambil bercerita sesuatu yang lucu. Nah pada waktu ini kamu bisa mengambil ekspresi subjek dengan lebih alami, tanpa dibuat-buat. Atau misal kamu sedang memotret sebuah keluarga kamu bisa meminta mereka untuk saling berinteraksi atau melakukan hal-hal lucu.

Photo by : Laura Alpizar

2. Catchlight

Saat memotret jangan lupa fokuskan pada mata, terutama ada catchlight yang terlihat. Karena jika tidak ada, mata akan terlihat kurang hidup. Kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan reflektor tepat di bawah model. Atau memastikan pantulan cahaya utama mengenai mata model.

Source : https://www.sharkandpalm.com/

3. Properti

Berikan subjekmu properti yang berhubungan dengan tema foto. Tidak perlu heboh, properti simple juga bisa misalnya bola, bunga, atau gelas yang bisa memberikan cerita pada fotomu. Tetapi tidak selalu berlaku pada semua pemotretan, balik lagi sesuai dengan konsep dan tema yah.

Source : https://www.sharkandpalm.com/

4. Memaksa subjek pose yang diinginkan

Kamu boleh banget memberikan arahan pada model, tapi jangan sampai model merasa ga nyaman dengan pose yang kamu arahkan, hasilnya bisa dipastikan bakal awkward. Mungkin kamu bisa coba cara ini, arahkan model tapi mereka bisa bebas berekspresi, misalnya dengan memiringkan kepala, menggoyangkan jari, dan sebagainya. Kamu bisa mendapatkan beberapa frame dari satu pose utama.

5. Jangan sentuh model

Mengarahkan gaya boleh saja, tapi sebaiknya jangan sentuh modelmu. Karena mereka belum tentu senang, dan bisa membuat mood mereka turun dan berpengarauh pada hasil foto. Kamu bisa mengarahkan dengan kata-kata atau memberikan contoh pada tubuhmu sendiri.