Settingan Kamera Sebelum Memotret

Settingan kamera memegang peranan penting dalam menghasilkan gambar yang bagus. Settingan ini biasanya berbeda-beda sesuai dengan kondisi pemotretan, cahaya, objek, dan tempat. Beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum mulai menjepret kameramu :

1. Memori kamera

Cek dahulu memori kameramu. Sayang banget kalau kamu udah siap segala sesuatu tinggal jepret, tapi ternyata memorimu udah mau penuh, atau bahkan full sama sekali. Sebelumnya kamu dapat memindahkan file-file yang tidak terpakai atau menghapusnya.

2. Setting ISO

ISO biasanya sering dilupakan saat mengatur kamera. Jika kamu berada di luar ruangan disarankan untuk menggunakan ISO kecil, sedangkan pada kondisi sedikit cahaya kamu dapat menaikkan ISO. Tapi ingat jangan terlalu tinggi agar hasil fotomu tidak noise.

3. White balance

Jangan menyepelekan white balance loh Sobat KEE. Hasil fotomu juga sangat dipengaruhi oleh white balance. Kalau kamu salah memilih, bisa saja jadi merusak fotomu. Sesuaikan pengaturan white balance dengan kondisi dan tempat kamu memotret. Atau mungkin jika kamu menginginkan hasil tone warna tertentu pada fotomu, kamu dapat menggunakan fitur yang satu ini..

4. Mode eksposure kamera

Pada kamera, terdapat berbagai macam mode eksposure yang dapat membantu dan mempermudah kamu dalam mengambil gambar. Pengaturan ini juga berpengaruh untuk mendapatkan efek tertentu pada fotomu. Misalnya kamu ingin background pada fotomu kabur, hanya objek utama yang fokus, kamu dapat menggunakan mode Shutter Speed Priority / S (Tv).

 5. Setting fitur gambar

Lensa modern saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat mempermudah pengambilan gambar, seperti auto fokus (AF) dan image stabilization (IS) pada lensa. Cek terlebih dahulu apakah sudah diaktifkan atau mungkin kamu ingin mematikannya.