Sejarah Film

Siapa disini yang ga suka film..? Kayanya hampir ga ada ya Sobat KEE.. Semua orang pasti suka film. Tapi tau kamu tau ga gimana bentuk film yang pertama kali ditayangkan? Yuk kita bahas bareng-bareng ya..

Edward James yang berasal dari Amerika Serikat pada tahun 1878 membuat gambar 16 kuda dengan pose yang berbeda-beda. Kemudian ia menggabungkan 16 gambar tersebut dan tercipta ilusi gerak seekor kuda yang sedang berlari. Penemuan ini yang menjadi konsep awal dalam pembuatan film.

Source : https://hai.grid.id/

Kemudian Thomas Alfa Edison meulai mengembangkan kamera yang tidak hanya dapat digunakan untuk memotret saja tetapi juga dapat merekam gambar bergerak. Dari sana muncul era sinematografi dari film dokumenter pertama di dunia yang diciptakan oleh Lumiere bersaudara. Film pertama yang dibuat pada tahun 1895 ini berjudul Sortie de l’usine Lumiere de Lyon yang berarti pegawai pulang dari pabrik Lumiere di Lyon. Film ini menampilkan para pekerja di pabrik Lumiere yang berbondong-bondong keluar dari pabrik saat jam pulang kerja. Film ini menarik perhatian dunia selain itu memiliki alur cerita yang jelas dan relevan dengan kondisi saat itu.

Film ini pertama kalinya dipertontonkan pada masyarakat di area boulevard Capucines, Paris, Prancis pada 28 Desember 1895 dan mendapat sambutan antusias. Saat itu karena belum ada teknologi untuk menggabungkan film dengan suara maka suara yang digunakan saat film ditayangkan berasal dari orkestra yang mengiringi.