Referensi Komposisi Foto (Part 3)

11. Komposisi golden triangle

Komposisi ini hampir mirip dengan rule of third tapi lebih dinamis. Kamu bisa membayangkan adanya garis diagonal pada fotomu dan ada lagi garis yang membagi 2 90 derajat.

Source : photoblog.com

Source : crispphotoworks

12. Komposisi pattern & repetition

Komposisi ini menampilkan tekstur dan detail pada subjek foto. Pattern bisa berasal dari alam atau buatan manusia. Pola akan muncul ketika elemen garis, bentuk, atau warna yang tersusun secara berulang. Didukung dengan pencahayaan yang baik, akan terlihat lebih bagus.

Source : digital-photography-school.com
Source : pinterest.com
Source : pinterest.com

13. Komposisi keseimbangan foto

Photo by : Barry O Carroll

Pada foto di atas foto lampu jalan di kiri sebenarnya sudah memenuhi komposisi rule of thirds. Tapi foto jadi terasa kosong di bagian kanan. Maka sang fotografer mengambil angle sedemikian rupa agar menara Eiffle masuk ke dalam foto sehingga bisa terlihat lebih seimbang. Mungkin kamu berpikir hal ini bertentangan dengan komposisi negative space, bisa dikatakan itu yang dinamakan seni, tidak ada yang salah dan benar. Bisa disesuaikan dengan kondisi dan preferensi masing-masing.

Photo by : Barry O Carroll

14. Komposisi warna

Komposisi warna bisa mewakili emosi, suasana, mood dan pesan yang ingin disampaikan. Komposisi warna akan terlihat sangat menarik jika ada warna yg kontras.

Photo by : Steve McCurry