Rahasia Memotret Hitam Putih

Membuat fotografi hitam putih sekarang semakin mudah, dengan teknik editing bahkan kamu bisa membuat foto berwarna dengan sekali klik menjadi foto hitam putih. Tapi kalo hasil fotonya gitu-gitu aja mungkin kamu bosan ya.. Yuk cek beberapa tips membuat foto hitam putihmu anti mainstream..

1. Gunakan format RAW

Dengan menggunakan RAW informasi yang disimpan lebih banyak sehingga lebih memudahkan ketika mengedit foto. Selain itu kamu juga dapat mengatur picture style kamera menjadi monokrom sehingga kamu dapat langsung melihat hasil foto dalam hitam putih tanpa perlu mengira-ngira lagi sehingga kamu dapat lebih bereksperimen dengan kontras, ketajaman, dan tone.

2. Cari kontras, bentuk, dan tekstur

Kamu dapat mencari warna-warna yang pas agar hasil fotomu bagus. Misalnya pada fotografi berwarna, jika kamu melihat warna merah di depan latar belakang hijau, maka kedua warna tersebut terlihat kontras tetapi pada foto hitam putih, kedua warna tersebut hampir mirip karena tingkat kecerahannya sama maka hasil fotomu akan terlihat biasa saja. Kamu perlu lebih jeli untuk dapat melihat cahaya atau tone dari suatu subjek. Kamu juga dapat bermain dengan motif, bentuk, dan tekstur untuk mendapatkan komposisi yang pas.

Wave Swinger-Rheinkirmes Düsseldorf 2008.
Source : y Jörg Dickmann Photography/Flickr

3. Gunakan eksposure panjang

Coba bereksperimen dengan eksposure panjang, misalnya untuk air yang bergerak atau awan. Pergerakan subjek dapat memberikan kontras tekstur dengan subjek yang tidak bergerak. Jangan lupa untuk menggunakan tripod ketika memotret.

4. Gunakan filter

Kamu dapat mencoba bereksperimen dengan menggunakan filter graduated Neutral Density (ND Grad) atau filter polarisasi yang cocok untuk digunakan pada fotografi hitam putih. Filter ini dapat membuat gambarmu lebih kontras.