Pertimbangan Sebelum Mulai Bisnis Pre-Wedding (Part 1)

Jaman sekarang pre-wedding udah jadi sebuah keharusan ya sebelum menikah. Ga heran banyak brand baru bermunculan. Mungkin ada salah satu atau salah dua dari Sobat KEE yang tertarik ingin memulai bisnis ini? Simak postingan berikut ini ya hal-hal apa saja yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memulai.

1. Peralatan

Banyak yang mengira kalau kamu perlu kamera mahal untuk memulai bisnis ini. Ga juga kog.. Peralatan dasar yang harus kamu punya adalah kamera DSLR atau kamera mirrorless dan aksesoris pendukung seperti reflektor, flash, dan tripod. Peralatan yang lain dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu.

2. Biaya produksi

Dalam suatu bisnis pastinya ada biaya yang perlu kamu keluarkan dalam menjalankannya. Perkiraan biaya yang harus kamu tanggung adalah biaya fotografer, jika kamu menggunakan jasa fotografer lain untuk back up. Selain itu ada biaya kru, biaya penyewaan alat, biaya cetak, dan biaya operasional.

Biaya penyewaan alat cukup penting karena kamu perlu melakukan pemeliharaan peralatan dengan estimasi 5-10% dari semua peralatan yang dipakai. Biaya operasional biasanya mencakup biaya makan, transportasi, dan akomodasi selama sesi foto berlangsung.

3. Ide

Sebelum memulai foto, kamu perlu memikirkan ide dan kosepnya seperti apa, tempat dan gaya yang cocok apakah sesuai dengan keinginan klien. Perencanaan yang matang akan mempermudah proses pemotretan.