Perlu Diperhatikan Dalam Memotret Pemandangan Laut

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika memotret pemandangan laut :

1. Waktu pemotretan

Diperlukan kesabaran ketika mau memotret pemandangan laut karena kita tidak bisa menebak hal apa yang akan terjadi. Salah satu elemen terpenting adalah cahaya, maka kamu perlu untuk memperhatikan waktu pemotretan dan mendapatkan cahaya yang maksimal.

2. Shutter speed

Shutter speed juga penting untuk diperhatikan karena dapat memberikan efek yang kamu inginkan. Shutter speed cepat dapat membekukan ombak atau arus yang muncul, tetapi shutter speed lambat dapat memberikan efek berkabut pada gelombang. Kamu dapat bebas bereksperimen untuk menciptakan hasil foto yang kamu inginkan.

3. Komposisi dan depth of field

Diperlukan kepekaan untuk dapat mengambil komposisi foto yang menarik. Kamu dapat mencari objek yang menarik terlebih dahulu kemudian menggunakan bantuan aturan segitiga misalnya dalam mengambil gambar.

Source : www.wallup.net

4. Tebing

Jika di tempatmu ada tebing, kamu dapat menggunakannya untuk membuat fotomu semakin menarik. Misalnya pemandangan dari atas tebing dan kamu dapat memasukkan elemen batu-batu besar yang ada, dapat memberikan hasil foto yang spektakuler.

5. Pasir

Kamu dapat bereksperimen dengan menggunakan pasir basah. Kamu dapat mencoba foto monokrom sehingga hasilnya lebih artistik.

6. Cuaca

Kamu tidak dapat mengatur cuaca. Tetapi kamu dapat memanfaatkan cuaca dengan maksimal. Jika kondisi cuaca mendung, kamu dapat membuat foto yang cukup dramatis seperti sedang badai. Tetapi ketika cuaca sedang cerah, kamu dapat memotretnya dengan apik.

7. Pasang laut

Pasang surut laut juga perlu kamu perhatikan. Ketika air sedang pasang rendah, kamu dapat menemukan berbagai macam makhluk hidup kecil yang ada di pasir sehingga dapat memberikan dimensi pada fotomu. Sedangkan jika air pasang sedang tinggi, kamu dapat memotret gelombang yang sedang menabrak bebatuan.