Perlatan Untuk Fotografi Olahraga

Fotografi olahraga merupakan salah satu jenis fotografi yang menarik dan memerlukan gerak cepat karena momen dalam pertandingan tidak akan terjadi dua kali. Maka, kamu juga memerlukan peralatan yang memadai agar tidak terlewat momen penting dalam pertandingan. Apa aja sih?

1. Kamera

Yap! Pertama pastinya kamera. Pilih kamera yang kamu fasih menggunakannya sehingga kamu tidak kesulitan ketika mengganti settingan kamera atau pengaturan lainnya dalam waktu yang singkat.

2. Lensa tele

Untuk jenis fotografi ini, dengan menggunakan lensa tele dapat sangat membantu karena biasanya jarak objek foto cukup jauh. Selain itu, pilih lensa yang memiliki fitur stabiliser sehingga dapat membantu agar foto tidak buram karena lensa yang panjang biasanya rentan pada getaran.

3. Kartu memori cepat

Kamu dapat menggunakan kartu yang dapat membaca dan menulis cepat minimal 90mb/detik. kartu memori ini sangat berguna karena dapat membantu saat kamu mengambil gambar terus menerus. Biasanya fotografer olahraga menggunakan format JPEG karena ukuran file lebih kecil sehingga proses pada kamera lebih cepat. Jangan lupa untuk membawa memory card cadangan untuk berjaga-jaga kalau kamu kehabisan memori.


4. Baterai dan pengisi daya baterai

Siapkan baterai cadangan dan pengisi dayanya. Jangan sampai kamu kehabisan baterai dan kehilangan momen penting.

5. Tali kamera

Jenis fotografi ini menuntut kamu untuk terus bergerak. Tali kamera merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh ketinggalan. Kamu dapat bergerak lebih mudah dengan mengagantungkan kameramu di leher atau pinggang.

6. Kit pembersih lensa

Pastikan kebersihan kameramu selalu terjaga karena adanya debu dan kotoran dapat mengganggu hasil fotomu sedangkan kadangkala medan untuk memotret cukup ekstrem.

7. Monopod

Monopod dapat membantu kamu dalam menahan berat lensa selama berjam-jam. Dengan 1 kaki, dapat membuat kamu bebas bergerak dan fleksibel. Kamu dapat memotret teknik panning dengan menggunakan monopod. 

8. Pelindung hujan dan tas

Penting untuk kamu memiliki pelindung kamera dari cuaca yang kadang tidak menentu. Apalagi foto olahraga sebagian besar di luar ruangan. Cari tas yang tidak hanya melindungi kamera dengan baik tetapi juga memudahkan ketika kamu mau mengambilnya.