Perbedaan Lensa Nikon AF-S dan AF-D

Kedua lensa ini mungkin sekilas terlihat sama, tapi ternyata berbeda loh Sobat KEE. Apa sih bedanya? Perbedaan utamanya ada pada motor fokus pada lensanya. Untuk lensa Nikon AF-S (Auto Focus Silent) sudah dilengkapi dengan motor fokus di dalam bodi lensanya, jadi saat kamu memotret kamu masih dapat menggunakan auto fokus meskipun di bodi kamera tidak memiliki motor fokus. Sedangkan lensa AF-D (Auto Focus Distance) tidak memiliki motor fokus pada bodi lensa. Jadi kalau kamu mau menggunakan auto fokus, bodi kameramu harus memiliki motor fokusnya.

 

Biasanya pada tipe kamera pemula Nikon, sebagian tidak memiliki motor fokus untuk menekan harga jual kamera. Misalnya seperti kamera tipe Nikon D3100, D3200, D3300, D5100, D5200, D5300, dan D5500.

Kelebihan lensa AF-S kamu dapat menggunakan fitur auto fokus meskipun bodi kameramu tidak memiliki motor fokus. Tetapi kamu juga tetap bisa menggunakan lensa AF-D jika kamu menyukai manual fokus atau kebutuhan fotomu untuk foto produk atau still life yang tidak memerlukan auto fokus. Selain itu, lensa AF-D banyak digunakan untuk kebutuhan merekam video, karena banyak menggunakan fokus manual. Tetapi jika kebutuhan fotomu untuk mendapatkan momen yang cepat seperti olahraga atau event, disarankan untuk menggunakan lensa AF-S.