Perbedaan Lensa Canon EF, EF-S dan EF-M

Penting buat kamu yang mau membeli lensa untuk mengerti arti kode-kode ini biar kamu ga salah beli lensa.

EF adalah singkatan dari electro focus. Kamu bisa menggunakan auto fokus dengan lensa tipe ini.

1. EF

Kode ini menunjukkan lensa full frame. Lensa jenis EF dapat digunakan oleh semua jenis kamera, digital maupun kamera film. Kamera Canon yang dapat menggunakan lensa jenis ini ditandai dengan bulatan warna merah pada mountingnya.

2. EF-S

Huruf S adalah singkatan dari Short back Focus. Biasanya lensa jenis ini posisi ujung lensa yang menancap pada kamera jaraknya sangat pendek dengan sensor lebih pendek daripda lensa EF. Lensa ini harganya lebih terjangkau dan kebanyakan digunakan untuk kamera cropped sensor (APSC). Kamera Canon yang dapat menggunakan lensa jenis ini ditandai dengan persegi berwarna putih pada mountingnya.

3. EF-M

Lensa ini digunakan untuk kamera mirroless dan jenis ini memiliki mounting yang berbeda dengan EF dan EF-S.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan :

  1. Lensa EF dibuat untuk dapat digunakan pada semua jenis kamera buatan Canon. Jika kamu memiliki lensa EF tetapi kamera dengan mounting EF-S kamu masih dapat menggunakan lensa tersebut.
  2. Lensa Ef-S hanya dapat digunakan pada kamera dengan mounting EF-S, tidak bisa digunakan pada kamera dengan mounting EF. Ujung dari lensa EF-S lebih panjang sehingga jika dimasukkan ke dalam kamera dengan mounting EF, ujung lensa akan menyentuh dan merusak sensor.
  3. Lensa EF dan EF-S dapat dapat digunakan pada mounting EF-M menggunakan bantuan adapter khusus.