Peralatan Untuk Mulai Bisnis Fotografi

Buat Sobat KEE yang punya rencana untuk milai usaha fotografi, mungkin kamu bisa mempersiapkan beberapa peralatan ini.

1. Dua kamera

Kenapa dua kamera? Biasanya dalam memotret ada kamera utama dan sekunder yang menggunakan dua lensa yang berbeda. Bisa saja kamera tersebut digunakan oleh satu orang, atau dua orang yang berbeda. Kamu bisa memilih sesuai dengan budget masing-masing. Disarankan kamera dengan sensor yang berbeda, misalnya full frame dan APSC.

Source : unsplash

2. Lensa

Lensa juga berpengaruh dengan hasil foto, maka penting banget untuk memilih lensa yang tepat. Kamu bisa memiliki beberapa lensa, disarankan lensa fix dan zoom. Kalau bisa beberapa lensa fix lebih bagus. Kenapa lensa fix? Karena lensa fix memiliki aperture besar yang bisa digunakan untuk beauty shoot dan bisa diandalkan saat cahaya kurang dan harganya juga terjangkau. Focal length lensa bisa kamu sesuaikan dengan sibjek usaha fotomu lebih banyak memotret apa.

3. Laptop

Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhanmu, apakah banyak mengedit video, foto, atau yang tahan banting karena mobilitasmu tinggi.

4. Memori

Salah satu elemen kecil yang terpenting. Saat memilih SD card, kamu perlu mempertimbangkan kualitas, seperti kecepatan baca dan tulis, kapasitas, dan merek. Pastikan kecepatan minimalnya 95 MBps atau kalau kamu suka merekam video 1080p dan 4K, memorimu bisa mendukung video class 30 (V30).

Hasil foto dan videomu adalah aset yang berharga. Pastikan kamu membuat back up file-file mu salah satunya dengan cara 3-2-1, dimana kamu  harus memiliki 3 salinan untuk tiap project. 2 offline, bisa di hardisk laptop, satu lagi di hardisk eksternal, dan satu lagi online, misalnya di cloud storage.

Source : unsplash

5. Aksesoris

Aksesoris kamera ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu, misalnya tripod travel tentu berbeda dengan tripod untuk video.