Peralatan Untuk Memotret Pemandangan Laut

Pemandangan laut bisa membuat hati menjadi tentram. Sinar biru berkilauan yang terpancar dari laut diiringi dengan buih putih dapat membuat penikmat foto terbius. Pemandangan laut merupakan salah satu bagian dari foto landscape, tetapi ada teknik khusus yang perlu kamu ketahui untuk jenis foto ini. Kamu mungkin tidak dapat mengendalikan elemen-elemen alam tersebut, tetapi kamu dapat menentukan efek gelombang yang kamu inginkan.

Berikut peralatan yang kamu perlukan dalam memotret :

1. Lensa wide dan lensa hood

Biasanya untuk foto landscape banyak orang menggunakan lensa wide agar dapat memotret lebih luas. Selain itu, lensa wide memberikan kesan megah pada hasil foto. Kamu juga dapat menambahkan penggunaan lensa hood untuk menghilangkan kilauan dan meningkatkan kontras pada foto.

2. Tripod dan remote kontrol

Kadangkala kamu memerlukan pemotretan dengan eksposure yang cukup panjang, maka tripod sangat diperlukan pada kondisi ini. Disarankan untuk membeli tripod yang cukup kuat sehingga lebih awet dipakai. Selain itu, remote kontrol dapat membantu untuk mengurangi guncangan pada kamera sehingga fotomu terlihat tajam.

3. Baterai cadangan

Dengan melakukan eksposure panjang, baterai akan cepat habis. Baterai cadangan sangat diperlukan. Sangat disayangkan kalau baterai tiba-tiba habis di tengah-tengah pemotretan.

4. Filter

Biasanya ada 3 jenis filter yang digunakan ketika memotret pemandangan laut. Filter polasrisasi dapat membantu mengurangi kilauan dan pantulan pada air laut, selain itu dapat membuat warna langit menjadi biru tua. Kedua ada filter densitas, filter ini dapat mengurangi cahaya yang masuk ke kamera dan dapat membantu ketika kamu ingin menggunakan shutter speed rendah. Filter ini tidak berpengaruh terhadap warna dan saturasi. Terakhir ada filter GND dapat membantu mengatasi eksposure yang memiliki perbedaan sangat kontras.

5. Larutan pembersih dan kain

Jika kamu memotret di daerah pantai, maka peralatan dan kameramu akan ada kemungkinan terkena pasir dan air. Jangan lupa untuk selalu membersihkan terlebih dahulu semua peralatan setelah pemotretan.