Peralatan Untuk Memotret Malam Hari (Part 2)

5. Lens hood

Lens hood tidak hanya digunakan pada siang hari, tapi perlu juga untuk malam hari. Jika kamu memotret long eksposure, maka akan ada banyak cahaya yang masuk dari segala arah. Dengan lens hood dapat membantu untuk menghindari cahaya-cahaya lain yang tidak diinginkan masuk. Selain itu, fungsi lain lens hood dapat melindungi lensa dari benturan.

6. Baterai cadangan / vertical grip

Baterai cadangan diperlukan ketika kamu memotret dengan durasi yang lama. Jangan sampai kamu harus berhenti karena baterai habis. Jika kamu mau yang praktis, kamu dapat menggunakan vertical grip, aksesoris tambahan pada bodi kamera yang dilengkapi dengan baterai. Selain itu, kamu dapat memotret potrait semudah memotret landscape.

 

7. Filter ND

Filter ND dapat membantu untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke dalam kamera, fungsinya seperti kaca mata hitam yang biasa kita gunakan. meskipun pada malam hari, jika kamu tidak menggunakan filter ini, jika ada cahaya yang berada di dekatmu, maka dapat beresiko over eksposure.

8. Smartphone

Smartphone dapat membantu kamu dalam pemotretan, misalnya aplikasi timer untuk mengetahui berapa lama waktu eksposure. Atau juga aplikasi-aplikasi lainnya seperti peta, untuk membantu kamu menemukan jalan pulang.