Penyebab Foto Buram

Pastinya kesal ya kalo udah diatur sedemikian rupa tapi ternyata waktu dicek hasil fotonya buram.. Ternyata kadang ada beberapa hal yang kita tidak sadar dan membuat foto buram, apa aja sih?

1. Fokus kamera kurang pas

Salah fokus bisa menjadi penyebab hasil fotom buram, terutama jika jarak subjek fotomu cukup jauh di belakang. Diperlukan kecermatan lebih untuk menentukan titik fokus agar hasil fotomu sesuai dengan yang diinginkan.

2. Subjek foto bergerak

Ketika kamu memotret, tiba-tiba subjek fotomu bergerak. Kamu dapat menyisatinya dengan menggunakan shutter speed cepat sehingga dapat membekukan pergerakan tersebut.

3. Gerakan kamera

Saat memotret, kadang secara ga sadar kameramu sedikit bergetar. Hal ini juga salah satu faktor penyebab foto buram, apalagi waktu kamu menggunakan shutter speed rendah, sangat rentan dengan getaran. Kamu dapat mengakalinya dengan menggunakan tripod atau shutter release untuk membidik foto.

4. Depth of field sempit

Jika depth of field sempit dan kamu menggunakan auto focus, fotomu pasti ridak bisa fokus. Kamu bisa menggunakan manual fokus, putar ring fokus sampai kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.