Pengaturan Kamera Untuk Memotret Bunga

Pada sebagian besar kamera sudah dilengkapi dengan mode makro yang ditandai dengan ikon bunga. Dengan mode ini, kamu bisa mendapatkan fokus degan jarak lensa ke objek lebih dekat. Tetapi kamu juga dapat menggunakan lensa makro untuk hasil yang lebih maksimal, tetapi harganya cukup mahal. Atau cara alternatifnya kamu dapat menggunakan extendion tube. Nah untuk pengaturan pada kamera gimana min? Yuk kita bahas..

1. Mode kamera

Disarankan untuk menggunakan mode aperture priority dan diafragma dengan angka kecil misal f/2.8. Hal ini akan membuat objekmu lebih menonjol.

2. Fokus

Kamu dapat menggunakan manual fokus ke bagian terpenting dari bunga yang kamu anggap paling menarik. Atau jika kamu menggunakan auto fokus, kamu dapat memfokuskan pada area fokus yang diinginkan.

3. Matikan flash

Jangan gunakan flash, apalagi untuk jarak yang sangat dekat, akan menghasilkan cahaya yang keras. Kamu dapat menaikkan ISO jika kondisi cahaya gelap.

4. Tripod

Gunakan tripod untuk membantu kamu jika cahaya cukup gelap. Mungkin kamu akan sedikit kesulitan, tetapi asal ada permukaan yang cukup rata, dapat membantu.