Pengaturan dan Fitur Pada Kamera Smartphone (Part 1)

Di jaman yang serba modern ini kamera juga mengalami inovasi yang cukup banyak. Semakin kesini kamera semakin kecil dan fitur yang ditawarkan tidak main-main. Sebagian besar smartphone sudah dilengkapi fitur yang mirip dengan kamera DSLR. Apa aja sih?

1. ISO

Biasanya banyak orang yang membiarkan pengaturan ISO nya auto. Padahal kamu dapat mengutak atik ISO sesuai dengan kebutuhanmu. Biasanya ISO maksimum yang disarankan adalah 800. Jika ISO terlalu tinggi akan menyebabkan hasil foto noise (bintik-bintik).

2. White balance

Pengaturan white balance biasanya ditandai dengan WB atau AWB. Kamu dapat mengatur temperatur cahaya agar menjadi normal (putih). Misalnya untuk siang hari kamu dapat menggunakan daylight, saat mendung kamu dapat menggunakan cloudy, pada kondisi cahaya dengan bohlam kuning kamu dapat menggunakan inscandescent. Kamu dapat menyesuaikan kembali dengan situasi dan foto yang kamu inginkan.

Source : https://www.kelasfotografi.com/

3. Grid line

Grid line adalah garis bantu untuk komposisi rule of thirds. Biasanya terdapat 3 garis vertikal dan 3 garis horizontal sehingga ada 9 kotak. Kamu dapat mengatur keseimbangan dengan garis tersebut, lebih proporsional dan tidak miring.

4. Metering

Smartphone sekarang banyak yang sudah dilengkapi dengan metering seperti kamera DSLR. Kamu dapat menggunakannya untuk mencerahkan subjek fotomu. Misalnya kamu memotret temanmu yang menggunakan baju hitam, kamu bisa meletakkan fokus pada baju temanmu sehingga gambarmu akan menjadi lebih cerah.

5. Titik fokus

Untuk menentukan fokus sangat mudah kamu hanya cukup menyentuh dengan jari mau fokus dimana. Kalau kotak berwarna hijau, berarti fokus sudah terkunci, jika berwarna merah berarti gagal fokus. Biasanya cahaya dan jarak kamera dengan subjek juga mempengaruhi kamera dalam mengambil fokus. Mungkin tidak semua smartphone fokusnya tidak ditandai dengan kotak, tapi cara kerjanya sama.

6. Fokus manual

Pada beberapa smartphone sudah dilengkapi dengan fokus manual. Cara kerjanya hampir sama dengan kamera DSLR, tapi versi digitalnya. Kamu dapat menyentuh tuas fokus di layar dan menggeser sampai subjek fokus sesuai yang kamu inginkan.

7. Fokus macro dan infinity

Pada gambar di atas pada bagian bawah terdpaat icon bunga. Jika kamu menggeser fokus pada icon tersebut maka fokus kamera berada pada jarak terdekat. Biasanya digunakan untuk memotret subjek kecil dalam jarak yang sangat dekat. Biasanya jaraknya tidak selalu sama tergantung pada smartphonemu.

Sedangkan icon pada sisi satunya adalah icon angka 8 yang berarti fokus tak terhingga. Biasanya digunakan untuk memotret pemandangan. Bisa juga icon pada smartphonemu bukan angka 8 tetapi icon gunung. Cara kerjanya sama dengan makro. Tinggal geser fokus ke icon tersebut dan kamu dapat mengambil gambar dari kejauhan atau pada malam hari hasil fotomu akan tajam.