Pengaruh Tone Warna Pada Foto

Warna sangat berpengaruh pada foto, berpengaruh pada emosi dan perasaan. Sama seperti musik, melalui melodi, nada, bisa menyampaikan berbagai pesan dan perasaan pada pendengarnya tanpa menggunakan kata-kata. Demikian juga dengan fotografi.

Warna berpengaruh pada psikologis manusia. Ada kategori warna netral yang tidak memiliki pengaruh signifikan pada emosi yang melihat, ada juga kategori warna hangat dan dingin. Warna hangat memiliki berbagai kesan, tergantung dari intensitasnya yang dapat memberikan kesan hangat sampai marah. Sedangkan warna dingin bisa memberikan kesan tenang, luas, lapang, sedih, sepi, dingin. Selain itu bisa juga memberikan kesan profesional, aman, dan kuat.

Photo by : Parmadi.net

Seperti pada gambar di atas, tone warna biru memberikan kesan luas, bersih. Biasanya banyak digunakan untuk foto arsitektur dan company profile.

Source : www.keponih.com

Pada gambar di atas kamu bisa melihat perbandingan penggunaan tone warna yang berbeda bisa memberikan kesan yang berbeda pula, meskipun fotonya sama persis. Tone hangat bisa menampilkan keceriaan dan semangat.

Pengaturan tone warna ini bisa kamu lakukan dengan berbagai macam cara, yang pertama bisa kamu coba adalah dengan pengaturan white balance pada kamera. Setelah itu, kamu tetap bisa melakukan perubahan pada tone warna pada software editing seperti Photoshop atau Lightroom. Fitur yang bisa kamu gunakan ada white balance, split toning, atau color balance.

Source : www.keponih.com

Kalau Sobat KEE bingung warna apa yang harus digunakan, kamu bisa coba memikirkan kesana apa yang mau kamu sampaikan. Warna yang tepat dapat memperkuat kesan dan pesan yang ingin kamu sampaikan.