Pengaruh Lensa Pada Bokeh

Sobat KEE tau ga kalo lensa ternyata berpengaruh pada kualitas dan bentuk bokeh yang dihasilkan. Pada lensa konvensional kalau kamu menggunakan angka aperture kecil dengan bukaan paling lebar, maka lubang aperture yang dibentuk oleh pisaunya berbentuk poligonal sehingga hasil bokehnya juga berbentuk poligonal. Bentuk poligonal ini terdapat pada lensa Canon 50mm f/1.8 II.

Biasanya tiap lensa memiliki jumlah dan bentuk pisau aperture yang berbeda. Seiring dengan pengembangan lensa, sekarang banyak aperture dengan bentuk tepi pisau melengkung sehingga lubang aperture mendekati lingkaran dan bokeh yang dihasilkan mendekati bulat. Biasanya jenis lensa seperti ini banyak digunakan untuk foto potrait.

Source : https://www.kelasfotografi.com/

Banyak yang mengklaim lensa dengan jumlah pisau diafragma lebih banyak lebih unggul karena semakin banyak pisau dapat membentuk lubang yang mendekati lingkaran sampai benar-benar bulat. Selain itu kelebihan dari banyaknya pisau aperture adalah lensa tidak perlu terbuka paling lebar untuk mendapatkan bentuk lingkaran.

Source : https://www.kelasfotografi.com/