Motret Kembang Api Pakai HP

Tahun baru identik dengan kembang api yah. Yuk kita bahas caranya kalo motret pake hp biar hasil fotomu kinclong nanti malem ;)

1. Stablikan kamera

Motret kembang api biasanya pada malam hari yang pasti kamera harus stabil. Kamu bisa menggunakan tripod atau menggunakan tongkat selfie. Tapi tongkat selfie juga masih bisa goyang tidak sekokoh tripod. Atau kamu bisa menaruh ponsel di tempat datar yang posisinya cukup tinggi dan pas untuk memotret kembang api.

2. Mode landscape

Pada kamera smartphone kebanyakan sekarang sudah cukup canggih. Kalau di kameramu ada pilihan mode memotret, kamu bisa memilih mode landscape yang biasanya digunakan untuk motret pemandangan. Mode ini bisa menyetel jarak fokus tak terhingga sehingga dimanapun kembang api muncul, bisa terpotret dengan jelas. Atau opsi lain, kamu bisa mengaktifkan mode kembang api pada menu kamera. Atau kalau kamu cukup pusing dengan mode manual, kamu bisa mencoba aplikasi seperti Live Photos di Iphone, Light Painting, atau Night Mode.

Source : https://www.diykamera.com/

3. Turunkan ISO

Turunkan ISO sampai ke angka 100 atau lebih rendah supaya hasil fotomu tidak over eksposure.

4. Perpanjang eksposure

Kalau kamu menggunakan mode manual, kamu bisa mengatur shutter speedmu lebih lama yang dilambangkan dengan huruf S. Disarankan untuk menggunakan mode burst jika tersedia di kameramu. Semakin panjang bukaan lensa, semakin panjang garis cahaya yang kamu dapatkan.

Source : https://www.diykamera.com/

5. Matikan blitz

Tidak perlu menyalakan blitz karena jarak kembang api jauh dari jangkauan cahaya blitz.

6. Rekam video

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan saat kesulitan menangkap momen yang pas, rekam video, dan potong sesuai momen yang diinginkan. Berlaku untuk kamera yang bisa merekam gambar 4K. Kamu tinggal memotong 1 frame video jadi foto yang masih cukup tajam untuk kamu upload ke media sosial.