Motret Hujan (Part 1)

Musim hujan gini paling cocok motret hujan yah ;) Tapi perlu tau dulu nih apa aja sih yang perlu kamu perhatiin waktu motret hujan…? Yuk kita bahas yah!

 

Hujan bisa memberikan berbagai macam perasaan, termasuk tempat di sekitar kita, bisa juga terlihat berbeda dari biasanya. Kamu juga bisa memotret orang-orang yang mengenakan pakaian khusus saat musim hujan, misalnya tangan panjang, membawa payung dan aktifitas yang berbeda misalnya ada orang berlarian sambil menutupi kepala mereka.

Photo by : Mihai

Tapi sebelumnya, kamu perlu tahu dulu nih tantangan apa aja yang mungkin kamu temui nanti.

1. Kamera tetap kering

Kamera dan air tidak bisa bersatu,mungkin kalau kena pada bagian body luar beberapa tetes hujan masih tidak masalah. Kamu perlu memastikan cara agar kameramu terlindungi dari hujan.

2. Pencahayaan

Kadang kala hujan bisa membuat pencahayaan lebih susah, misalnya dalam menentukan eksposure karena bisa saja pada satu sisi gelp, pada sisi lainnya terlalu terang.

Source : unsplash

3. Penggunaan flash

Penggunaan flash saat hujan juga cukup tricky, karena air bisa memberikan pantulan pada benda apapun. Atau bisa juga cahaya dari flash memberikan pantulan yang sangat terang pada air.

4. Blur

Hujan adalah benda yang bergerak, maka kemungkinan untuk mendapatkan foto yang buram akan lebih besar. Selain itu, hasil fotomu bisa saja terlihat kusam, buram.