Mode Potrait Pada Smartphone

Mode potrait sekarang ini bukan merupakan sesuatu yang wah ya, fitur ini sudah ada hampir di semua smartphone keluaran terbaru. Kamu bisa memotret dengan efek bokeh-bokeh gimana gitu.. Biasanya efek bokeh ini digunakan untuk menyeleksi subjek utama dari latar belakangnya sehingga subjek utama terlihat lebih menonjol. Tetapi untuk menghasilkan foto seperti ini diperlukan sensor yang besar, yang untuk ukuran smartphone agak tidak mungkin.

Ukuran sensor smartphone rata-rata 1/2.3” yang mana sangat kecil jika dibandingkan dengan ukuran kamera DSLR Nikon 1”, padahal itu juga sudah termasuk kecil untuk ukuran kamera. Hal tersebut membuat efek bokeh tidak memungkinkan untuk didapatkan secara natural pada smartphone karena semakin besar sensor, maka ukuran smartphone juga semakin tebal. Maka ditemukan cara dengan bantuan software dan kecanggihan prosesor pada smartphone. Gimana sih cara kerjanya?

Biasanya potrait mode ini menggunakan minimal 2 kamera untuk memanipulasi efek bokeh. Kamera utama berguna untuk memotret subjek, dan kamera kedua tidak mengambil gambar secara langsung tapi mengambil informasi yang digunakan untuk diproses oleh software kamera untuk menciptakan efek bokeh. Kurang lebih begitu untuk caranya kerjanya.