Mitos Tentang Flash

Buat Sobat KEE yang doyan pakai flash, mungkin salah satu yang percaya sama mitos tentang flash di bawah ini ya jangan-jangan.. Yuk kita cari tau.

1. Flash TTL lebih bagus dari flash manual

Flash eksternal biasanya dipasang pada bagian atas kamera, hot shoe yang berguna menghubungkan flash dengan kamera. Sebaiknya disarankan agar flash yang digunakan kompatible dengan kamera sehingga semua fitur flash dapat digunakan. Kalau Sobat KEE memakai flash TTL, kekuatan flash dapat diatur otomatis oleh kamera sehingga lebih mudah. Sedangkan flash manual tidak memiliki memiliki kemmapuan berkomunikasi dengan kamera, hanya menunggu sinyal sync dari kamera ketika kita memotret flash akan menyala. Untuk kekuatan flash, kita mengaturnya melalui roda di flash dan bukan di kamera. kalau kita bisa mengatur dengan kekuatan yang pas, hasilnya pasti akan sama dengan flash TTL. Hanya beda di cara pemakaian saja.

2. Pakai flash saat malam/ gelap saja

Belum tentu yah Sobat KEE, malam bisa saja tidak pakai flash, dan siang juga bisa pakai flash. Pada malam hari kamu bisa menangkap cahaya di sekitar atau dengan menggunakan shutter speed rendah. Sedangkan pada siang hari, kalau kamu memotret outdoor, kadang ada bagian yang gelap misalnya karena backlight kamu bisa menggunakan flash untuk menambahkan cahaya.

Source : http://www.infofotografi.com/

3. Pemakaian flash harus di-bounce

Pemakaian flash dengan teknik bounce bisa banget membantu, tapi jangan sampai salah kaprah. Bounce adalah teknik untuk membuat cahaya lebih halus dengan memantulkan pada bidang datar yang berwarna putih dan jaraknya cukup dekat. Sedangkan kalau memotret di outdoor, biasanya kebanyak flash dipakai secara langsung apalagi kalau cahaya matahari cukup terik.

Source : http://www.infofotografi.com/

4. Flash kecil dan besar sama saja

Tergantung kebutuhan dan keperluan masing-masing. Flash kecil lebih ringan dan mudah dibawa-bawa. Sedangkan flash besar lebih berat pastinya. Tetapi kalau misalnya kamu melawan cahaya matahari, dengan flash besar pasti lebih membantu.

5. Warna flash aneh

Flash dibuat dengan standar warna putih yang mendekati warna matahari sehingga hasil foto natural. Kadang kala kita suka memadukan flash dengan cahaya di sekitar yang tidak berwarna putih, maka kamera suka bingung. Disarankan untuk tidak menggabungkan flash dengan sumber cahaya lain yang tidak berwarna putih.