Mitos dan Fakta Fotografi - Lensa Zoom

Sobat KEE, kali ini kita mau bahas mitos fotografi yang biasanya orang-orang suka salah kaprah mengenai lensa zoom. Salah satunya banyak orang yang mengira kalau lensa akan semakin bagus kalau memiliki zoom yang panjang. Yuk kita bahas satu-satu ya..

1. Lensa lebih bagus jika memiliki zoom yang panjang

Faktanya adalah lensa zoom malah sebenarnya memperlambat kerja lensa, serta dapat menurunkan kualitas hasil foto. Dengan elemen optik yang rumit di dalamnya , maka berpengaruh juga ke foto yang dihasilkan karena semakin banyak elemen, semakin rumit jalan lintasan cahaya, semakin dapat menurunkan kualitas gambar.

Pada masa sekarang ada lensa ultra zoom yang memiliki kualitas cukup bagus dan dilengkapi dengan fitur anti-shake yang dapat membantu agar lensa tidak mudah goyang dan hasil foto tetap tajam. Tetapi pastinya untuk mendapatkan lensa tersebut perlu mengeluarkan kocek yang tidak sedikit.

Source : www.otodidakfotografi.blogspot.com

2. Fitur anti-shake berarti foto tidak akan blur

Pada lensa modern biasanya sudah dilengkapi dengan fitur ini yang menggunakan istilah berbeda-beda, image stabilizer, vibration reduction, dan steady shot. Fitur ini berguna untuk mengurangi getaran pada lensa yang disebabkan karena goyangan pada tangan yang biasanya membuat hasil foto blur. Tetapi fitur ini tidak dapat mengurangi getaran pada objek foto. Jika objek terus bergerak, maka tidak akan menjamin kalau foto akan selalu tajam.

Source : www.dummies.com