Mengenal Toy Photography

Dari antara kamu pasti ada yang pernah tau tentang toy photography. Kadang kreatifitas untuk jenis fotografi ini keren pake banget loh Sobat KEE! Salah satunya Tatsuya Tanaka, pria berkebangsaan Jepang ini tidak pernah kehabisan ide untuk menggabungkan figur super kecil dengan kegitan sehari-hari sehingga menjadi foto yang sangat menarik.

 

Photo credit : Tatsuya Tanaka

Ada juga anak Indonesia yang menekuni bidang fotografi ini, seperti Hrjoe Photography. Hrjoe suka membuat adegan lucu dengan figur superhero Marvell seperti Captain America, Iron Man, Thor, dan hasil karyanya mendapat pujian dari pemeran Hulk, Mark Rufallo.

Photo credit : Hrjoe Photography

Selain itu ada juga Felix Hernandez Rodriguez yang jago dalam menyulap mobil-mobilan menjadi suatu foto yang dramatis.

Photo credit : Felix Hernandez Rodriguez

Mereka semua memiliki ciri yang berbeda-beda tetapi sama-sama kreatif dan dapat menggunakan imajinasi mereka untuk menyulap mainan menjadi seperti benda hidup.

Ada beberapa tips jika kamu ingin mencoba jenis fotografi ini :

1. Bercerita

Setiap figur atau mainan memiliki ceritanya sendiri-sendiri. Kamu dapat membuat cerita untuk fotomu seperti Captain America mau menyeberang jalan.

2. Buat mainan menjadi lebih manusiawi

Akan lebih mudah jika kamu menggunakan figur orang untuk membuat hal ini. Tetapi kamu juga dapat menggunakan figur lainnya seperti mobil-mobilan dan buat angle fotonya sedemikian rupa seperti kamu memotret manusia. Cara lain kamu dapat menggunakan landscape seperti rumput di depan rumah dan cahaya matahari langsung sehingga hasil fotomu terlihat lebih hidup.

Photo credit : Hrjoe Photography

3. Berani bereksperimen

Tidak ada aturan dalam toy fotografi, kamu dapat menentukan apa yang mau kamu buat, apapun itu, seperti Ultraman bermain dengan anjing, atau Superman menabrak burung ketika terbang. Kamu dapat menggunakan imajinasimu seluas mungkin. Kamu dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di sekelilingmu untuk membantu memaksimalkan efek yang ingin kamu dapat, misalnya menggunakan tepung untuk membuat suasana salju.

Photo credit : Felix Hernandez Rodriguez

4. Belajar dari fotografer lainnya

Dengan banyak melihat hasil foto orang lain dapat membantu kamu dalam mengeluarkan ide. Selain itu, kamu juga dapat saling bertukar ilmu dan pengalaman dengan fotografer lainnya atau juga dapat berkolaborasi bareng.

5. Share hasil fotomu

Share fotomu kepada orang lain sehingga bisa mendapat masukan dan feedback agar membuat kamu lebih semangat dan menjadi lebih baik lagi.