Mengenal Teknik Strobist

Teknik strobist adalah teknik memotret menggunakan flash eksternal dengan flash yang tidak menempel pada kamera. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan seperti memberikan dimensi pada fotomu, tidak seperti flash internal yang membuat hasil foto flat dan kurang menarik. Selain itu, kamu dapat menempatkan cahaya lebih leluasa pada objek fotomu. 

Source : https://ricknunn.com

Meskipun memiliki banyak manfaat, teknik strobist ini bisa kamu coba dengan budget yang cukup terjangkau. Nah apa aja sih perlatan yang kamu perlukan?

1. Flash eksternal

Kamu dapat mengecek flashmu apakah memiliki kelengkapan fitur standar seperti mode manual untuk menggunakan flash dan  mengatur power flash. Biasanya terdapat pengaturan pada mode full power 1/2, 1/4, 1/8, 1/16, 1/32, atau 1/64. Fitur ini dapat memudahkan kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Flash sync speed

Biasanya dalam menentukan banyaknya cahaya yang masuk pada sensor kamera kita menggunakan shutter speed. Rata-rata flash sync speed pada kamera berada di 1/200-1/250s yang berarti jika kamu menggunakan flash eksternal dan shutter speed mu lebih tinggi dari angka tersebut seperti 1/320 maka cahaya flashmu tidak tertangkap kamera. Jika ada pun, cahaya pada fotomu akan terlihat belang-belang.

Jika kamu menggunakan tipe flash yang cukup baru biasanya sudah dilengkapi dengan mode high speed sync sehingga kamu dapat menggunakan shutter speed yang lebih tinggi dan cahaya flashmu tetap tertangkap oleh kamera.