Mengenal Picture Style / Picture Control

Kamu pastinya pernah ngalamin ga puas sama hasil fotomu, entah kurang kontras, terlalu soft, tonenya ga sesuai, dan sebagainya. Nah ternyata ya kamu bisa loh menentukan sebelumnya style foto yang kamu mau seperti apa supaya hasil fotonya sesuai dengan yang kamu mau. Fitur ini yang disebut dengan picture style (pada kamera Canon) / picture control (pada kamera Nikon).

Source : https://gaptek28.wordpress.com/

Dengan fitur ini kamu dapat mengatur parameter gambar yang akan diambil dan disimpan dalam format JPG. Nah kalau kamu pakai format RAW, pengaturan ini tidak akan berpengaruh. Ada beberapa parameter yang digunakan :

  1. Sharpening (ketajaman) : Membuat gambar lebih tajam
  2. Contrast (kontras) : Seberapa lebar perbedaan area terang dan gelap dalam sebuah gambar
  3. Saturation (kepekatan warna) : Seberapa pekat warna dalam gambar
  4. Brightness (kecerahan) : Seberapa cerah suatu gambar
  5. Hue (tonal warna) : Pergeseran warna untuk mengatur warna yang lebih pas

Dari 5 parameter si atas, ada beberapa macam kombinasi yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Maka dari pihak produsen menyediakan beberapa preset :

Standard : Foto dengan ketajaman dan kontras yang sudah dinaikkan, dan merupakan style deafult dari kamera.

Potrait : Biasanya digunakan untuk memaksimalkan warna kulit manusia, warnanya lebih soft untuk mencegah kerutan atau jerawat terlihat jelas.

Landscape : Digunakan untuk foto pemandangan dengan ekstra kontras dan ketajaman. Warna yang dihasilkan cenderung lebih hijau dan biru sehingga foto lebih hidup.

Neutral : Hasil foto tidak diolah, dibuat flat sehingga lebih mudah diedit.

Faithful (hanya ada di Canon) : Mirip dengan standard, warna dibuat sebisa mungkin  seperti warna aslinya, bedanya di mode standard saturasi warnanya sudah dinaikkan.

Monochrome : Foto hitam putih (grayscale), dengan pengaturan ketajaman dan kontras akan sangat berpengaruh.

Pada kamera modern sekarang ini, kamu dapat memodifikasi preset yang sudah ada dan dapat disimpan. Kamu juga dapat membuat berbagai macam style dengan aplikasi di komputer, Picture style editor untuk Canon dan Picture Control Quality untuk Nikon. Atau kamu juga bisa donwload atau mengcopy di memory card atau lewat komputer yang tersambung ke kamera (misal dengan EOS Utility). File untuk Canon biasanya berupa .pf2 dan untuk Nikon .ncp. Biasanya ukurannya sangat kecil (di bawah 100 byte).