Mengenal Jenis-Jenis Memory Card

Jaman sekarang ini jenis memory card sudah semakin berkembang. Yuk kita kenali jenis-jenisnya..

1. Mini SD dan Micro SD

Jenis ini merupakan jenis memory yang lebih kecil, 21 x 21.5mm untuk mini SD dan 11 x 15 x 1mm untuk micro SD. Kedua jenis memory ini cocok digunakan pada smartphone dan tablet. Biasanya penggunaannya memerlukan adapter untuk menghubungkan pada slot SD. Meskipun ukurannya kecil, memory ini memiliki kecepatan transfer yang tinggi.

2. SDHC

SDHC adalah singkatan dari Secure Digital High-Capacity yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari SD Card. SDHC diluncurkan tahun 2007 dengan kapasitas mulai dari 4GB sampai 32GB.

3. SDXC

SDXC atau yang dikenal dengan Secure Digital eXtended Capacity ini muncul sejak tahun 2009. Kapasitas maksimal dari SDXC ini mulai dari 64GB sampai 256GB. Kamu dapat menggunakan memory ini kurang lebih untuk apapun, video, teknik foto burst, file yang berat sekalipun.

Biasanya pada micro SDHC terdapat class yang ditandai dengan icon lingkaran dan di dalamnya terdapat angka 2, 4, 6,atau 10 yang menandakan kecepatan dari micro SD tersebut.

 

Setiap memory card memiliki kecepatan transfer maksimum yang berbeda.

Class 0 : Tidak memiliki kemampuan trasnfer rate minimum yang spesifik.

Class 2 : Memiliki transfer rate minimum 2 MB/s, kecepatan paling rendah untuk micro SDHC. Jenis ini bagus untuk digunakan merekam video dangan kualitas di bawah High Definition video.

Class 4 : Memiliki transfer rate minimum 4MB/s. Jenis ini baik digunakan untuk merekam video dengan kualitas HD sampai FullHD.

Class 6 : Memiliki transfer rate minimum 6MB/s. Jenis ini baik digunakan untuk merekam video dengan kualitas HD sampai FullHD.

Class 10 : Memiliki transfer rate minimum 10MB/s. Jenis ini baik digunakan untuk merekam video dengan kualitas FullHD.

UHS : Ultra High Speed yang dapat mencapai 312MB/s. Jenis ini baik digunakan untuk merekam video dengan ukuran lebih besar dan waktu yang lebih lama.