Mengenal Image Stabilizer / Vibration Reduction

Beberapa dari Sobat KEE pastinya sudah ga asing lagi sama yang satu ini, yup image stabilizer pada Canon atau dikenal juga dengan vibration reduction pada Nikon. Teknologi ini berfungsi untuk mengurangi goyangan kamera saat memotret sehingga hasilnya lebih buram dan tidak blur.

Biasanya pada kondisi low light, biasanya cukup susah untuk menggunakan shutter speed cepat. Dengan adanya teknologi image stabilizer sangat membantu menstabilkan posisi elemen optik di dalam lensa sehingga relatif terhadap goyangan kamera.

Source : unsplash

Saat IS/VR pada posisi on, biasanya akan aktif ketika tombol shutter ditekan setengah, yang ditandai dengan suara berputar dari dalam lensa. Secara teori, IS dan VR bisa menghemat eksposure sebanyak 4 stop, misalnya Sobat KEE bisa menggunakan shutter speed lambat 1/8 detik dan tetap menghasilkan foto yang tajam dengan menggunakan IS/VR, asal subjek foto diam.

Source : https://belfot.com/

Disarankan sebaiknya matikan fitur ketika tidak dipakai karena membuat baterai kamera lebih boros. Jika menggunakan tripod juga sebaiknya IS/VR dimatikan.