Mengenal Histogram Pada Fotografi

Histogram tidak hanya muncul pada fotografi tetapi juga terdapat pada ilmu statistik, fisika, dan lainnya. Biasanya digunakan untuk menampilkan posisi nilai/ angka dalam penghitungan, yang kalau dalam fotografi adalah penghitungan cahaya. Jadi histogram akan menggambarkan intensitas cahaya pada hasil foto kita.

Kamu dapat menggunakan histogram untuk membantu dalam menentukan eksposure saat memotret. Tampilan grafiknya biasa dari kiri ke kanan, dan jika memuncak pada bagian kiri berarti hasil fotomu under exposure atau gelap, tetapi jika memuncak pada bagian kanan, berarti hasil fotomu over exposure atau terlalu terang. Tetapi biasanya grafik yang dihasilkan tiap foto akan berbeda-beda. Kamu dapat menggolongkan ke dalam 3 bentuk utama :

1. Grafik under exposure

Grafik terlihat menonjol pada bagian kiri.

Source : http://www.saveseva.com

2. Grafik normal

Grafik terlihat seimbang di tengah.

3. Grafik over exposure

Grafik terlihat menonjol pada bagian kanan. 

Pada kamera digital DSLR atau mirrorless hingga smartphone saat ini rata-rata sudah dilengkapi dengan histogram. Kamu dapat menggunakannya misalnya ketika baterai kamu tinggal sedikit dan kamu harus menurunkan kecerahan layar sehingga kamu kesulitan melihat hasil fotonya apa sudah cukup terang, nah kamu dapat melihat pada grafik histogram ini.

Selamat mencoba!