Mengenal Fotografi Tilt-Shift

Tilt Shift fotografi adalah pergeseran (shift) dan pemiringan (tilt) terhadap lensa, relatif terhadap posisi sensor kamera. Dengan teknik ini akan didapatkan hasil perspektif foto yang berbeda tanpa manipulasi karena depth of field dan wide curve yang dihasilkan hasilnya tidak wajar.

Source : https://andiktaufiq.wordpress.com

Pada awalnya teknik ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan lensa khusus. Canon dan Nikon memproduksi lensa ini sekitar tahun 1960-70an. Namun saat ini teknik ini dapat dilakukan dengan mudah menggunakan program seperti Photoshop.

Photo by : Richard Silver

Biasanya jenis foto ini banyak digunakan untuk memotret miniatur atau membuat objek nyata terlihat seperti miniatur. Jika memotret miniatur maka kamu bisa mendapatkan detail objek dengan mengambil secara close up tanpa menghilangkan perspektif bentuk aslinya. Untuk mendapatkan hasil foto yang tidak berubah perspektifnya kamu memerlukan kamera full frame. Selain itu kamu perlu lensa wide dan aperture yang cukup lebar. Jika kamu menginginkan detail objek maka kamu dapat menggunakan lensa macro atau lensa-lensa yang memang dirancang khusus untuk fotografi tilt-shift, yang biasanya harganya cukup mahal. 

Photo by : Richard Silver