Mengenal Fotografi Arsitektur

Dalam foto arsitektur, kamu perlu menguasai teknik pencahayaan dasar agar fotomu menarik. Permainan cahaya yang ditangkap dengan bagus dapat menghasilkan foto yang  memiliki detail dan menarik. Tetapi untuk memiliki kepekaan diperlukan banyak latihan.

Source : https://snapshot.canon-asia.com

1. Komposisi

Arsitektur tidak hanya mengenai komposisi, tetapi merupakan keharmonisan dari berbagai komponen seperti simetris, alur, kontras, cahaya yang akan menghasilkan foto yang menarik. Sudut pengambilan gambar menetukan komposisi, komposisi menentukan keharmonisan suatu foto. Komposisi yang seimbang tidak selalu gambar yang simetris sama persis.

Ada 2 konsep keseimbangan yang bisa kamu pelajari, simetris dan asimetris. Simetris adalah keseimbangan yang elemen-elemennya berada merata di sekitar titik pusat. Komposisi ini cukup mudah karena banyak gedung-gedung bersejarah yang memiliki proporsi sebelah kanan dan kiri yang seimbang.

Coba perhatikan ilustrasi di bawah ini :

Keseimbangan melibatkan berat, warna, ukuran, berat jenis dan bentuk. Bentuk yang ramping akan terlihat lebih ringan jika dibandingkan dengan kubus misalnya.

Keseimbangan asimetris banyak disebut sebagai bobot yang terdistribusi meskipun memiliki tampilan yang berbeda. Kamu dapat menciptakan keseimbangan pada masing-masing sisi meskipun bentuknya berbeda, selain itu juga dapat memperahtikan efek visual dari bentuk, warna, dan pencahayaan.