Mengenal Fitur AF Fine Tune (Part 2)

Ternyata banyak yah Sobat KEE yang ngalamin yang kita bahas kemarin.. Nah hari ini yuk kita bahas cara mengatasinya dengan fine tune, tapi perlu diingat ya kalau kamu perlu memahami dulu kalau mau mengutak atik fitur tersebut. Kalau salah bisa-bisa nanti auto fokusnya jadi kacau loh..

Nah pengaturan ini dilakukan oleh kak Erwin Mulyadi, mungkin bisa membantu kamu. Dengan lensa 17-70mm nya yang mengalami back focus pada posisi tele, bisa dicoba fitur AF microadjustment pada kamera Canon. Yuk disimak caranya :

1. Masuk ke menu, cari custom function (C.Fn) pilih yang baris ke 2, C.Fn II : Autofocus

Source : http://www.infofotografi.com/

2. Dari banyak pilihan, cari AF microadjustment, akan muncul 3 opsi

3. Untuk kondisi dimana yang bermasalah hanya pada lensa yang spesifik (bukan semua lensa) maka dipilih opsi no 2 (Adjust by lens), kemudian tekan tombol Q.

4. Karena yang bermasalah pad fokal tele (50-70mm), maka dipilih yang T (tele), tekan tombol Ok. muncul tampilan berikut

5. Pada tampilan ini kamu dapat mengatur kompensasi front focus / back focus. Kamu dapat menggeser ke minus untuk back focus, dan ke plus untuk front focus. Setelah itu kamu bisa mencoba kembali. Jika masi kurang pas, kamu bisa menambahkan kembali angkanya. Misal tadi kamu setting di angka -2, ternyata masih back focus, kamu bisa menambahkan jadi -5 sampai mendapatkan settingan yang pas.