Mengenal Filter CPL - Circular Polarizer

Filter CPL adalah filter yang seringkali agak membingungkan fotografer pemula karena hanya akan menimbulkan efek tertentu jika arah cahaya sesuai dengan posisi kamera dan juga posisi putaran filter. Jadi seringkali saat memotret dengan filter polarizer, tidak ada bedanya dengan memotret tanpa filter. Kunci suksesnya adalah kita harus mengetahui kapan menggunakan dan tidak menggunakan filter ini. 

Filter CPL bertujuan untuk mengurangi pantulan dan meningkatkan saturasi warna. Filter CPL merupakan salah satu filter yang penting atau bisa disebut wajib dipunyai untuk fotografi pemandangan. Filter ini memiliki 2 keuntungan utama yaitu: 1. Mengurangi pantulan cahaya dan 2. Mengurangi cahaya yang masuk sehingga dapat menggunakan shutter speed yang lambat.

Nah, setelah tau tujuan dan manfaatnya tertarik untuk beli filter CPL ini? Jika tertarik, ini dia cara penggunaannya. Pertama, pasanglah filter di depan lensa dengan memutarnya seperti sekrup lalu putar filter polarizernya sampai misalkan pantulan di daun atau bebatuan hilang dan permukaan batu menjadi gelap.