Mengenal Exposure Compensation

Biasanya kamera dapat menentukan eksposure untuk membidik sebuah objek. Namun kamera kadang juga tidak selalu benar. Eksposure ditentukan berdasarkan jumlah cahaya yang dipantulkan oleh objek. Biasanya jika objek yang akan difoto berwarna putih, maka kamera akan cenderung menurunkan eskposure karena dianggap terlalu terang, sebaliknya jika objek  dominan berwarna hitam, kamera akan cenderung menaikkan eksposure karena dianggap terlalu gelap.

Nah maka kita memerlukan exposure compensation untuk membantu dalam menyesuaikan eksposure dengan yang kita inginkan. Namun fitur ini hanya dapat digunakan jika kamu menggunakan mode manual, shutter dan  aperture priority, dan mode program. Fitur ini tidak bekerja pada mode auto.

Meningkatkan eksposure

Membidik dengan auto exposure - Membidik dengan exposure compensation +0.7EV
Source : https://snapshot.canon-asia.com

Pada gambar sebelah kiri kamera mengacu pada warna kulit yang cerah sehingga membuat eskposure lebih gelap sehingga warna kulit terlihat kusam.

Pada gambar sebelah kanan menggunakan eksposure compensation yang lebih tinggi sehingga warna kulit terlihat lebih cerah seperti terlihat pada aslinya.

Mengurangi eksposure

Membidik dengan auto exposure - Membidik dengan exposure compensation -0.7EV

Pada gambar sebelah kiri kamera mengacu pada warna objek yang gelap sehingga eksposure lebih tinggi dan gambar terlihat terlalu terang.

Pada gambar sebelah kanan eksposure dikurangi dan membuat warna hitam terlihat lebih padat dan kokoh.

Cara Menggunakan eksposure compensation

  1. Kamera Canon

  • Tekan tombol eksposure compensation, putar main dial pada bagian atas kamera. Putar ke kiri untuk mengurangi eksposure, putar ke kanan untuk menambah eksposure.

  • Kamu dapat mengecek kompensasi eksposure pada layar LCD.

2. Kamera Nikon

  • Tekan tombol eksposure compensation gunakan jempol untuk memutar roda command dial pada bagian belakang kamera
  • Cek panel LCD di bagian atas dan cek hasilnya