Mengenal Exposure Bracketing

Biasanya ketika mau memotret suatu objek tapi cahaya ga mendukung, terlalu kontras dengan objeknya. Jika dipaksakan hasilnya jadi terlalu gelap atau terlalu terang. Nah kamu dapat menggunakan beberapa teknik seperti pakai filter GND atau dengan teknik exposure bracketing.

Teknik eksposure bracketing adalah memotret beberapa kali dengan eksposure yang berbeda-beda. Jadi misalnya kamu dapat memotret beberapa foto dari terang sampai gelap. Dari ketiga foto tersebut kamu dapat menggabungkannya agar didapatkan hasil foto yang seperti kondisi aslinya yang terlihat oleh mata.

ISO 220, f/6.3, f/60 detik
Source : http://www.infofotografi.com
ISO 100, f/6.3, 1/125 detik

ISO 900, f/6.3, 1/60 detik

Kamu dapat mengaktifkan fungsi BKT pada kameramu dengan setting perbedaan eksposure sebesar 2 stop. Kemudian aktifkan mode continuous shooting agar langsung dapat mengambil beberapa foto berturut-turut dan tidak terlalu berbeda sehingga ketika digabungkan foto tetap tajam.

Jika pada kameramu terdapat fitur HDR, kamu dapat menggunakannya, lebih praktis tetapi dalam mengedit hasil fotonya terbatas.

Kamu dapat menggabungkan ketiga foto tersebut menggunakan Lightroom atau Adobe Photoshop. Hasilnya seperti ini :

 

Hasil dari penggabungan tersebut didapatkan warna yang seperti dilihat oleh mata, ada detail pada runtuhan batu dan pohon, warna langit sesuai dengan warna aslinya.