Mengenal Color Grading

Mungkin Sobat KEE pernah memperhatikan kadang tone warna pada sebuah foto kog berbeda ya dengan aslinya. Nah ini yang dinamakan dengan color grading. Biasanya digunakan untuk mendapatkan efek, tone atau feel yang diinginkan atau sesuai dengan tema foto. Ketika kamu menggunakan color grading, suatu gambar bisa langsung memberikan kesan yang berbeda.

Source : www.idseducation.com

Mungkin ada beberapa yang bingung bedanya dengan color correction. Kalau color correction biasanya prosesnya memperbaiki beberapa elemen pada foto, misalnya menambah eksposure, kontras, highlight, noise, white balance pada foto. Sedangkan color grading biasanya kamu mengutak atik pada bagian curves, hue, saturation, color fill, dan level. Cukup jelas yah sampai sini perbedaan keduanya.

Kamu bisa membuat hasil fotomu stand out dengan color grading loh Sobat KEE.. Kamu perlu benar-benar menguasai teknik ini, ga cuma bisa atau tahu. Kamu bisa banget membuat mood yang diinginkan dengan teknik yang satu ini.

Source : contrastly.com

Untuk program yang digunakan untuk awal kamu bisa menggunakan Adobe Photoshop atau Lightroom. Atau kalau kamu sudah jago, bisa juga menggunakan program lainnya selain Photoshop dan Lightroom. Lightroom mungkin bagi sebagian orang lebih mudah digunakan dibandingkan Photoshop, balik lagi tergantung preferensi masing-masing yah..