Mengenal Bayangan

Bayangan mungkin sudah bukan lagi sesuatu yang wah ya dalam fotografi. Kita pelajari lagi yuk lebih banyak tentang bayangan. Apa sih bayangan? Bayangan adalah bentuk/ kontur yang dibuat ketika suatu benda menghalangi cahaya mencapai permukaan. Bentuk bayangan bisa berubah-ubah sesuai dengan bentuk objek yang menutupinya. Selain itu biasanya ada faktor jarak, sudut, dan ukuran objek yang berpengaruh pada intensitas, bentuk, dan skala bayangan.

Apa pengaruh bayangan terhadap fotografi?

Bayangan bisa memperindah fotomu dengan memberikan penekanan, dan detail. Selain itu bisa juga memperkuat foto dengan memberikan keseimbangan, kontras, dan dimensi pada komposisi fotomu.

Photo by : Aya Okawa

Beberapa fotografer malah menggunakan bayangan sebagai fokus utama pada foto. Dengan adanya bayangan yang unik, akan menarik orang yang melihat untuk melihat lebih dekat.

Photo by : Wild Orchid Photography

Gimana yah caranya menangkap bayangan?

1. Tentukan tujuan menggunakan bayangan

Pertama tentukan dulu tujuanmu apakah kamu mau menonjolkan subjekmu, atau menonjolkan efek bayangan pada benda yang terkena bayangan. Tentukan yang kamu mau.

2. Perhatikan sumber cahaya

Sumber cahaya sangat penting untuk membuat bayangan. Jika sumber cahayamu jauh dan agak redup, maka hasilnya bayanganmu lebih lembut dan kurang jelas dibandingkan dengan cahaya yang dekat dan kuat. Arah cahaya juga bisa menjadi cukup menantang, karena jika cahaya dari depan, bayangan yang terbentuk akan berada di belakang subjek. Tapi jika cahaya dari belakang, bisa menghasilkan flare.

Photo by : Rui Veiga

3. Perhatikan posisi

Kamu perlu memperhatikan posisi objek yang akan membentuk bayangan, juga permukaan yang terkena bayangan. Hal ini bisa mengubah komposisi foto dan kesan yang didapatkan. Kuncinya adalah dengan banyak bereksperimen sampai didapatkan komposisi yang pas.

Photo by : Aya Okawa

4. Kreatif!

Foto bayangan tidak selalu hitam putih. Hitam putih menonjolkan kontras bayangan, sedangkan gambar berwarna menangkap tone unik yang membentuk bayangan. Bebaskan dirimu, jadilah sekreatif mungkin.

Photo by : Kris B Photography