Mengenal Aspect Ratio

Kadangkala ketika memotret kamu merasa format foto kurang pas. Sudah coba ganti komposisi tapi masi sama aja.. Nah kamu bisa coba untuk mengubah aspect ratio mu. Aspect ratio adalah perbandingan lebar dan tinggi pada sebuah foto. Beberapa jenis aspect ratio :

1. 1:1

Aspect ratio ini berbentuk persegi degan lebar dan tinggi yang sama. Format ini banyak digunakan oleh smartphone setelah Instagram mempopulerkannya. Sebelumnya format ini dipakai oleh kamera Hasselblad yang memiliki ukuran 6x6.

2. 5:4

Ratio ini biasanya digunakan oleh kamera large format dan kamera film lembaran. Biasanya foto yang dihasilkan berukuran 8x10 inci.

3. 4:3

Format ini memiliki resolusi 640 x 480 piksel. Biasanya banyak digunakan oleh media televisi dan video. Kamera saku, kamera MFT (Micro Four Third), dan kamera medium format biasanya menggunakan ratio ini.

4. 3:2

Ratio ini dipopulerkan oleh Oskar Barnack yang memutar film negatif menjadi 90 derajat dan menggandakan lebar frame sehingga berukuran 24x36mm. Hampir semua kamera dengan sensor besar sekarang menggunakan format ini.

5. 16:9

Ratio ini jarang digunakan pada kamera digital. Biasanya para fotografer menggunakannya untuk memberikan efek sinematik.

6. 2.35/2.40 : 1

Ratio ini sangat jarang digunakan karena sangat lebar. Jika di crop ke ratoi 4:3, setengah dari gambar akan terpotong. Biasanya digunakan untuk keperluan film layar lebar.