Mengenal Andrew Suryono

Mungkin beberapa dari Sobat KEE ada yang pernah dengar nama Andrew Suryono.. Ada juga mungkin yang belum pernah dengar.. Beliau adalah fotografer National Geographic yang telah mendapatkan berbagai macam penghargaan dari dunia.

Source : https://www.andrewsuryono.com/

Diawali dengan kuliah di jurusan teknik di salah satu unversitas di Amerika Serikat dan bekerja disana setelah lulus, ternyata ia hanya bertahan selama 6 bulan karena ia merasa bosan dan memerlukan tantangan baru. Kemudian ia mencoba belajar dunia e-commerce di mana awal mula ia belajar tentang fotografi karena disebutkan untuk membuat barang yang dijual lebih menarik, foto adalah salah satu elemen paling penting. Mulai dengan belajar tentang pencahayaan, white balance, eksposure, dan komposisi, Andrew mulai tertarik dan mencoba mengaplikasikan di bidang fotografi selain product photography. Ia memotret landscape, event, travel, apapun yang bisa ia temukan dan ia menemukan yang disukai adalah travel fotografi.

Karena keinginan belajar, passion yang kuat, dan rajin berlatih, ia banyak memenangkan penghargaan internasional. Salah satu penghargaan yang diterima adalah “Honorable Mention” pada kompetisi internasional National Geographic dengan fotonya “Orangutan in The Rain” pada tahun 2015.

Source : https://www.andrewsuryono.com/

Pada akhir tahun 2018, National Geographic mengontak Andrew lagi dan mengajak bekerja sama dengan menjual fotonya dia seluruh galeri foto mereka di Amerika seperti di New York, Las Vegas, Florida, dan Hawaii. Pada akhir November 2018, andrew diundang pada acara Meet and Greet di 3 galeri National Geographic di Las Vegas, laguna Beach dan La Jolla. Pada acara tersebut ia diminta untuk bercerita tentang foto, perjalana fotografi, memberikan tanda tangan, dan menuliskan dedikasi untuk pelanggan yang membeli fotonya. Fakta dalam acara tersebut :

  1. Andrew adalah orang Indonesia pertama yang fotonya berhasil masuk di galeri National Geographic Amerika
  2. Foto “Orangutan in The Rain” adalah satu-satunya foto dari Indonesia dan memecahkan rekor penjualan tercepat.
  3. Andrew adalah orang Indonesia pertama yang diundang untuk mengadakan meet and greet oleh National Geographic.

Source : Dokumentasi by : Andrew Suryono

Bangga banget ya sebagai orang Indonesia, hasil fotonya ga kalah dengan fotografer luar negri lainnya.

 

“Alat terpenting adalah visi saya. Jika tidak ada visi ini, punya kamera paling mahal pun tidak akan bisa menghasilkan karya yang indah."

-Andrew Suryono