Memotret Benda Bergerak

Untuk memotret benda bergerak tentunya kamu harus bermain dengan shutter speed. Shutter speed cepat atau lambat, semua tergantung dari foto yang ingin kamu hasilkan, tidak ada yang benar dan salah. Kamu bisa menggunakan mode shutter priority untuk membantu lebih mudah.

1. Gerakan super cepat

Semakin cepat gerakan yang ingin kamu bekukan, maka semakin cepat shutter speed yang dibutuhkan. Misalnya untuk gerakan orang yang sedang berselancar menggunakan shutter speed sampai 1/5000 detik karena peselancar bergerak sangat cepat dan fotografer berada di atas boat yang juga bergerak mendekat, jadi keduanya bergerak. Set kamera di mode shutter priority, auto ISO dan continuous focus, set shutter speed di angka 1/5000.

Source : unsplash

2. Gerakan lebih lambat

Untuk gerakan yang tidak secepat berselancar, misalnya orang yang sedang jogging. Kamu cukup menggunakan shutter speed sekitar 1/400. Apalagi kalau posisimu sedang diam, tidak ikut bergerak.

Source : unsplash

Perlu kamu perhatikan dalam membekukan gerakan :

  1. Kecepatan subjek foto, semakin cepat makan semakin cepat shutter speed yang digunakan
  2. Kecepatan fotografer terhadap subjek. Jika fotografer bergerak mendekat maka shutter speed yang dibutuhkan lebih cepat.
  3. Jarak subjek. Semakin dekat jarak subjek dengan fotografer, shutter speed yang dibutuhkan semakin cepat
  4. Panjang focal lensa, semakin panjang focal lensa yang digunakan, semakin cepat shutter speed yang diperlukan