Membuat Bentuk Pada Bokeh

Sobat KEE pasti pernah lihat ya bokeh tapi bentuknya lain dari lingkaran atau poligonal, ada yang berbentuk bintang, hati, atau bentuk lainnya. Nah gimana sih cara buatnya?

Cukup simple ternyata Sobat KEE. Bahan-bahan yang kamu perlukan :

  • Kertas hitam (cukup tebal)
  • lens cap
  • gunting
  • cutter
  • pena

Caranya gampang banget!

  1. Kamu bisa membuat cetakan ukuran lensamu dengan lens cap pada kertas hitam. Hati-hati jangan sampai ukuran diameter yang kamu gambar lebih besar dari lens cap mu.
  2. Gunting lingkaran, setelah itu gunting lagi lebih kecil sedikit dari ukuran yang pertama kurang lebih 0,5 cm lebih kecil dari sisi lingkaran yang sekarang. Kamu bisa menyisakan sedikit bagian pada kertas hitam untuk memudahkan kamu mengambil kertas dari lensa.
  3. Pada bagian tengah lingkaran, gambar bentuk yang kamu inginkan untuk bentuk bokeh. Ukurannya secukupnya sekitar 5-20 mm, jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Jika terlalu besar, efeknya jadi tidak terlihat, jika terlalu kecil cahaya akan terblok oleh kertas hitam sehingga menjadi gelap. Kamu bisa mencoba beberapa kali sampai mendapatkan hasil yang maksimal.
  4. Setelah itu potong dengan cutter mengikuti bentuk gambar yang kamu buat

Source : www.kelasfotografi.com

5. Lekatkan kertas hitam pada bagian depan lensa. Sesuaikan pengaturan pada kamera dan gunakan bukaan paling besar. Karena banyak cahaya yang di blok, kamu bisa menggunakan shutter speed rendah. Kamu juga bisa menggunakan bantuan tripod agar lebih stabil. Untuk efek yang dramatis kamu bisa mencoba pada malam hari dengan focal length pendek (dekat dengan subjek, jauh dari background).

Source : www.kelasfotografi.com

Source : www.kelasfotografi.com