Memaksimalkan Cahaya Backlight

Kadangkala ketika kondisi cahaya backlight hasil foto jadi kurang bagus yakan, gelap-gelap gitu.. Nah mimin punya solusi yang bisa kamu cobain Sobat KEE, saran dari fotografer Teppei Kohno gimana membuat foto backlight jadi bagus.

Kamu perlu memahami apa itu backlight dan exposure compensation, yang belum paham cek di postingan-postingan mimin sebelumnya ya.. Berikut caranya :

1. Cari sumber cahaya yang lembut

Jika cahaya backlight terlalu kuat, maka akan terlihat sangat kontras sehingga hasilnya kurang bagus. Kamu dapat memilih cahaya yang agak redup atau saat sedang mendung, sehingga tekstur pada kulit terlihat bagus saat dipotret.

EOS 5D Mark III / EF 50mm f/1.8 STM/ FL: 50mm / Manual exposure (f/2.8, 1/125 sec)/ ISO 200 / WB: Auto / Aksesoris : tripod
Photo by : Teppei Kohno

2. Reflektor untuk membuat subjek lebih cerah

Biasanya pada kondisi backlight, bagian depan subjek menjadi gelap. Kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan reflektor di bawah tanpa menyesuaikan nilai eksposure. Reflektor dapat berfungsi menerangi subjek sekaligus memberikan cahaya lembut dan dimensi pada kulit.

 

3. Menggunakan eksposure compensation untuk mencerahkan

Gunakan exposure compensation untuk menyempurnakan cahaya pada subjek. Kamu bisa menggunakan perkiraan exposure compensation terlebih dahulu, kemudian kamu dapat menyesuaikan sampai didapatkan hasil dengan cahaya yang kamu inginkan.

4. Mengatur angle untuk memberikan kedalaman pada foto

Kamu dapat mencoba berbagai macam angle untuk memperoleh foto terbaik dengan kondisi cahaya yang ada. Selain itu, dapat memberikan komposisi yang menarik dan memberikan kedalaman pada background.

Biasanya pada kondisi cahaya yang sangat cerah, dapat mengakibatkan background menjadi terlalu terang dan kehilangan detail-detailnya. Kamu dapat mencoba untuk mengurangi kontras antara area yang gelap dan terang sambil mengarahkan reflektor ke area yang gelap, atau juga dapat menggunakan bantuan flash yang ringan. Ada cara lain lagi, kamu dapat memposisikan kamera pada sudut atas atau dari sebelah kiri samping untuk menghilangkan cahaya yang tidak diinginkan.

Pada kotak kiri di atas, terlihat tekstur lembur pada kulit, juga terdapat cathlight pada mata yang membuat mata terlihat lebih hidup. Cathlight terdapat pada bagian bawah mata yang menunjukkan sumber cahaya (reflektor) berada pada bagian bawah subjek, sama seperti pada gambar kedua di atas.