Memahami ISO dalam fotografi

Setelah membahas seputar Triangle Exposure, kini kami akan menjelaskan masing-masing elemen dari Triangle Exposure tersebut. Dalam hal ini kami akan menjelaskan seputar ISO.

ISO merupakan kemampuan yang dimiliki oleh sebuah kamera dalam menangkap sebuah cahaya. Saat mengatur ISO, kamu harus paham fungsi dasar dalam penggunaan ISO. 
Saat mengatur ISO semakin besar, maka cahaya yang ditangkap oleh kamera akan menjadi semakin besar dan kamera menjadi lebih sensitif serta lebih banyak noise.

ISO

Untuk satuan dari ISO sendiri terdiri dari ISO 50, 100, 200, 800, 1600, dan yang lainnya dalam satuan ISO. ISO tidak hanya membuat mempermudah proses pengambilan gambar dengan cahaya yang tepat, namun menggunakan ISO yang sangat tinggi pun dapat membuat foto menjadi noise

Noise adalah bintik kecil yang akna bisa kita temukan dalam foto. Biasanya noise ini akan membuat foto menjadi tidak bagus kualitasnya. 

Pada intinya dalam menentukan ISO yang tepat sebaiknya menggunakan ISO serendah mungkin untuk kualitas foto yang lebih baik, dan tidak lupa untuk mempertimbangkan elemen dari Shutter Speed dan Aperture.