Manual Adjustment di VSCO

Nah setelah memilih berbagai macam filter, kadang kamu perlu menyesuaikan lagi dengan fotomu. Di VSCO, kamu bisa meng-adjust filter sehingga lebih pas.

Source : http://blog.nicolinepatricia.com/

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika mengedit fotomu :

1. Perspektif

Perlu untuk mengkoreksi garis pespektif pada fotomu jika terlihat sedikit miring. Kamu bisa menggunakan perspective dan straighten atau meng crop fotomu. Terlihat sepele tapi efeknya besar.

2. Eksposure

Kamu juga dapat menambahkan eksposure pada fotomu. Pastikan agar detail pada fotomu tidak sampai hilang. Tips untuk menerangkan foto yang sangat gelap, kamu bisa menggunakan Shadow Save. Sedangkan jika fotomu terlalu terang kamu bisa menggunakan Highlight Save.

3. Clarity

Clarity dapat membantu untuk memberikan dimensi pada foto dan menonjolkan detail fotomu. Gunakan secukupnya saja dan tambahkan sedikit Sharpen untuk proses akhirnya.

4. Temperature, Tint, dan Skintone

Kamu bisa bermain dengan ketiga elemen di atas. Geser sesuai dengan yang kamu inginkan. Geser ke kiri untuk warna yang lebih kebiruan, dan geser ke kanan untuk warna lebih hangat.

Untuk warna kulit kamu juga bisa menambahkan sesuai yang kamu inginkan. Geser Skintone correction ke kiri untuk mendapatkan warna kulit sedikit merah muda, dan geser ke kanan untuk warna kulit yang lebih kuning.


 

Beberapa hal yang perlu kamu ingat :

  1. Temukan filter favoritmu yang juga bisa menambah ciri khas pada fotomu.
  2. Jangan terlalu lebai dalam menggunakan filter karena bisa menghilangkan keaslian foto. Kamu bisa saja menggunakan efek filter hanya 50% saja.
  3. Untuk keperluan Instagram, kamu bisa menyimpan dengan kualitas tertinggi.