Manfaat Lampu Flash

Kamu pasti ga awam sama yang namaya lampu flash. Yup! Benda satu ini sangat membantu waktu kondisi cahaya minim. Tapi banyak juga yang anti dengan flash karena hasilnya biasa kurang oke. Nah lebih baik kita cari tau dulu yuk apa aja sih manfaat dari flash ini…

1. Mengontrol pemakaian cahaya

Dengan menggunakan flash, kamu dapat membuat foto menjadi dramatis. Kamu dapat menggunakan flash untuk pemotretan di dalam maupun di luar ruangan. Seperti pada contoh di bawah ini, model dalam foto terlihat lebih bersinar dan menonjol dari background.

Source : https://www.plazakamera.com/baca-dulu-ini-sebelum-anti-dengan-flash-kamera/

Namun untuk mendapatkan hasil tersebut perlu disertai dengan teknik. Teknik yang digunakan adalah dengan menempelkan gel orange (CTO) pada flash untuk memberi cahaya keemasan seperti senja. Pada bagian depan diberi reflektor untuk memantulkan dan melembutkan cahaya sehingga terlihat natural.

2. Mengontrol arah sumber cahaya

Biasanya pada pemotretan ada cahaya alami tetapi kadang kurang mencukupi untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Flash dapat membantu untuk menerangkan pada bagian yang masih gelap. Seperti contohnya pada foto di bawah ini, jika kamu menaikkan brightnessnya maka background menjadi terlalu terang, maka solusinya dapat menggunakan flash tambahan dari arah kanan searah dengan sumber cahaya alami. Kamu dapat menggunakan reflektor untuk mengarahkan cahaya sekaligus membuat cahaya lebih lembut.

3. Mengontrol kualitas cahaya yang digunakan

Ada berbagai macam cahaya yang dapat digunakan untuk memotret. Ada flash yang lembut dapat membantu pemotretan wajah, ada juga flash yang tajam bagus untuk pemotretan model majalah atau dance. Flash yang tajam juga dapat digunakan untuk memotret atlit sehingga mmeberikan kesan lebih dramatis. Flash yang menyebar dapat digunakan untuk memperkuat cahaya alami sehingga memberikan kesan lembut.

4. Mengontrol temperatur warna pada foto

Semua sumber cahaya memiliki warna yang disebut dengan color temperature. Flash dapat membantu mengoreksi warna tersebut. Seperti pada foto di bawah ini, cahaya senja berwarna keemasan membuat hasil foto terlihat kekuningan. Dengan bantuan flash membuat warna air laut menjadi lebih terlihat.