Macam-Macam Filter ND

Filter ND ada beberapa macam level, mulai dari ND4, ND 8, ND16 dan seterusnya. Tiap kelipatan menunjukkan berapa banyak stop yang akan diturunkan saat menggunakan filter. Semakin tinggi level ND, akan semakin sedikit cahaya yang masuk, semakin lama shutter speed yang bisa kamu gunakan, aperture semakin lebar. Pergerakan di fotomu akan jadi semakin halus.

Biasanya untuk pemandangan filter ND yang digunakan paling tidak 10 stop atau ND 1000. Dengan menggunakan filter ini, kamu bisa menggunakan shutter speed sampai lebih dari 30 detik. Sedangkan untuk air terjun, untuk mendapatkan hasil foto yang lembut kamu bisa menggunakan ND8 (3 stop) dan 10 stop (ND 1000) untuk melembutkan pergerakan ombak di laut.

Source : https://www.plazakamera.com/

Ada juga 6 stop (ND64) yang banyak digunakan untuk memotret air terjun, matahari terbenam dan matahari terbit di gunung, pantai atau gurun pasir sekalipun. Selain itu, 6 stop juga banyak digunakan untuk memotret perkotaan saat kamu ingin menghilangkan orang dari hasil fotomu.

Satu hal yang cukup penting, saat menggunakan filter ND pastikan kameramu tidak bergerak karena penggunaan shutter speed yang panjang. Kamu bisa menggunakan bantuan tripod kalau tidak ada tempat yang stabil dalam waktu yang cukup lama.