Komposisi Warna Pada Foto

Komposisi warna merupakan salah satu elemen penting dalam fotografi, karena warna dapat memberikan pesan bagi orang yang meilhat. Pada dasarnya tidak ada komposisi warna yang paling benar, tetapi lebih ke selera masing-masing orang. Beberapa tips untuk membuat komposisi warna :

1. Kamu dapat menggunakan format RAW untuk menghasilkan foto yang kaya warna. Hasil kualitas foto RAW berbeda dengan JPEG. JPEG 8-bit memiliki 16 juta warna, sedangkan RAW 12-bit memiiki 68 miliar warna. Format RAW membuat kita lebih mudah dalam melakukan post-processing.

2. Tidak menggunakan cahaya berlebihan karena dapat mengurangi ketajaman warna. Jika kamu memberikan kelebihan cahaya pada fotomu, maka detail-detail pada objek menjadi hilang dan warna yang dihasilkan tidak tajam. Kamu dapat menggunakan bantuan diffuser jika cahaya terlalu tajam.

3. Lakukan kalibrasi pada monitor. Kamu dapat melakukan hal tersebut untuk menyamakan warna di monitor dan foto. Kamu dapat menggunakan colorimeter untuk mengatur warna monitor dengan cepat.

4. Mengedit foto merupakan hal yang biasa, tapi jangan sampai meningkatkan ketajaman warna sampai berlebihan karena dapat membuat foto terlihat tidak alami. Disarankan untuk mengatur gelap terang foto terlrbih dahulu baru mengatur kembali saturationnya jika dirasa kurang kontras.