Komposisi Warna Dalam Foto

Warna merupakan salah satu elemen yang cukup penting dalam suatu foto, maka kamu perlu banget untuk mengerti pengaruh warna dalam foto sehingga bisa menghasilkan foto yang bagus.. Fungsi warna dalam foto :

1. Mood

Warna dapat menggambarkan mood dari sebuah foto. Misalnya warna biru dapat memberikan kesan damai, tenang, kalem. Sedangkan warna hijau dapat memberikan kesan segar, kuning dan orange memberikan kesan hangat.

2. Memancing perhatian

Komposisi warna yang bagus dapat dipastikan menarik orang untuk melihat. Biasanya warna cerah bisa lebih menarik perhatian orang, dibandingkan warna gelap. Hitam merupakan warna yang netral sehingga cenderung kurang menarik perhatian.

Beberapa patokan yang bisa kamu gunakan dalam mengambil komposisi foto :

1. Warm vs cool colors

Warna hangat seperti kuning, orange, merah dianggap lebih enerjik dan aktif. Sedangkan cool colors lebih lembut yang memberikan kesan damai, tenang. Warna yang termasuk kategori ini seperti biru, hijau, ungu. Nah biasanya komposisi yang baik adalah subjek terbentuk dari warna-warna warm colours, dan backgroundnya warna cool. Tetapi hal ini tidak ada aturan yang pasti, kamu bisa mencoba bereksperimen dan membuat kebalikannya misalnya, bisa banget.. Sapa tau bisa menghasilkan foto yang unik..

2. Warna komplementer (pelengkap)

Teori ini menggunakan roda warna yang dibuat oleh Isaac Newton.

Source : www.fotografi.lovelybogor.com/

Dalam teori ini jika sebuah subjek memiliki warna red sebisa mungkin warna latar belakangnya adalah green. Seperti pada contoh logo di bawah ini..

Source : wikipedia.com

Pada logo di atas merupakan perpaduan antara warna violet blue dan yellow-orange, warna yang saling bersebrangan. Teori ini banyak digunakan dalam fotografi, seni lukis atau desain. Tetapi kamu tetap boleh banget untuk bereksperimen dan break the rules. Seorang fotografer harus berani untuk mencoba hal-hal baru selama bisa menghasilkan hasil yang bagus. Selamat mencoba!